Inilah Daftar Museum Islam Terbaik di Indonesia

Inilah Daftar Museum Islam Terbaik di Indonesia

Inilah Daftar Museum Islam Terbaik di Indonesia – Saat ini tentunya ada sangat banyak orang yang mengunjungi museum untuk bisa melihat segala hal dan benda yang di musiumkan dengan sangat baik.

Museum menjadi destinasi wisata sejarah, edukasi hingga religi. Sejumlah museum tematik menyajikan koleksi dan pameran khusus yang menarik, seperti museum Islam. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki sejumlah museum Islam, lho.

Kamu sudah tahu di mana saja museum Islam di Indonesia? Daripada penasaran, berikut ini enam museum Islam yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

1. Museum Islam Nusantara, Rembang
Museum Islam Nusantara terletak di Desa Kauman, Kecamatan Lasem, Rembang. Meski terletak di Jawa, bangunan museum ini justru mirip Rumah Gadang khas Minangkabau. Uniknya lagi, berada di kawasan pecinan yang menjadikannya bukti toleransi masyarakat setempat.

Museum tersebut menyajikan sejarah Islam di Lasem dalam tiga fase berbeda. Pada akhir abad ke-15, menunjukkan peran Walisongo untuk menyiarkan Islam. Pada abd ke-17, lekat dengan Mbah Sambu yang menurunkan ilmu agama. Sedangkan pada abad ke-19, mulai munculnya sayingszone Mba Maksum, Mbah Baedowi, dan Mbah Kholil yang berdakwah melalui pesantren.

Museum yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki interior dan eksterior dengan ornamen kaligrafi Alquran. Kaligrafi tersebut dipahat pada kayu jati.

 

2. Museum Islam Samudera Pasai, Aceh Utara
Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia yang terletak di Aceh. Didirikan oleh Meurah Silu pada 1267 Masehi, terbukti dengan adanya makam para raja Pasai di Kampung Geudong, Aceh Utara. Untuk menyimpan peninggalan kerajaan tersebut, dibangunlah Museum Islam Samudera Pasai.

Museum yang dibangun pada 2011-2016 tersebut menyimpan sejumlah koleksi Kerajaan Samudera Pasai sejak abad ke-13 hingga abad ke-19. Koleksinya berupa seni rupa, historika, etnografika, filologika, dan numismatika.

3. Indonesian Islamic Art Museum, Lamongan
Indonesian Islamic Art Museum di Lamongan ini merupakan museum seni Islam pertama di Indonesia. Sesuai dengan namanya, museum tersebut menyajikan koleksi seni Islam dan artefak yang menandai perjalanan Islam di Nusantara. Didirikannya museum ini juga menjadi bentuk apresiasi, mengumpulkan, melestarikan, dan memelihara artefak seni Islam.

Pengunjung dapat melakukan observasi yang didukung oleh teknologi informasi hi-tech. Tenang saja, terdapat pemandu wisata dan pemandu audio-self yang informatif. Belajar makin asyik melalui teknologi Augmented Reality (AR) di museum ini.